Beranda | Artikel
Apakah Masih Wajib Ke Masjid Orang Tua Yang Sudah Pikun?
Sabtu, 28 Juli 2018

Bersama Pemateri :
Tanya Jawab

Pertanyaan tentang “Apakah Masih Wajib Ke Masjid Orang Tua Yang Sudah Pikun?” ini ditanyakan oleh pemirsa Rodja TV dan pendengar Radio Rodja 756AM pada

Pertanyaan:

Apakah menjadi sebuah udzur bagi seorang yang sudah tua atau sudah lanjut usia dan dia tidak bisa menunaikan ibadah shalat di masjid karena dia laki-laki. Hal ini dikarenakan kendala pikun dan tidak bisa mengingat rumah atau tempat dia kembali pulang. Bolehkah kami menyarankan untuk tetap shalat dirumah saja?

Jazakallah khoir. 

Jawaban:

Orang yang sudah tua, jika dia termasuk orang yang memang dari dulu rajin untuk datang ke masjid dan sudah terbiasa untuk selalu mendatangi shalat berjama’ah maka tentu akan merasakan kesulitan jika dia tidak berangkat menuju ke masjid untuk melaksanakan shalat berjama’ah. Kita juga melihat bahwasannya banyak dari kalangan orang-orang tua yang sebenarnya sudah sangat lemah. Lemah bandannya, lemah kesehatannya. Akan tetapi dia selalu berusaha untuk tidak ketinggalan untuk melaksanakan shalat jama’ah. Dan sebaliknya, banyak orang yang sudah tua yang sebenarnya mampu untuk berangkat ke masjid, akan tetapi mencari-cari alasan bahwasannya badannya lemah. Maka jawaban beliau adalah bahwasannya seorang yang mampu untuk datang ke masjid dan tidak ada mudharat baginya mendatangi masjid untuk shalat jama’ah maka wajib baginya untuk tetap datang ke masjid dan semoga hal ini menjadi keberkahan untuk umurnya.

Jadi yang beliau tekankan disini adalah bahwasannya meskipun sudah tua akan tetapi masih mampu untuk datang ke masjid maka hendaklah tetap mendatangi masjid untuk melaksanakan shalat berjama’ah.

Dijawab oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr dan diterjemahkan oleh Ustadz Iqbal Gunawan, M.A.

Simak kajian lengkapnya di Kiat-Kiat Untuk Meraih Kabahagiaan Al Wasaail Mufiidah Lil Hayaatis Sa’iidah

Simak mp3 jawaban pertanyaan “Apakah Masih Wajib Ke Masjid Orang Tua Yang Sudah Pikun?”

Jangan lupa untuk turut menyebarkan link download kajian ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, google+, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahu fiikum

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

 


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/31664-apakah-masih-wajib-ke-masjid-orang-tua-yang-sudah-pikun/